Senin, 11 April 2011

mesin pembuat musim buatan

seorang teman bercerita pada saya tadi malam, dia bilang ada 3 poin penting yang membuat sebuah negara bisa sangat maju. yang pertama adalah, ketika negara itu punya 4 musim. dengan demikian penduduk yang tinggal di negara 4 musim, hidupnya akan lebih terencana.
"saya ngga bisa nih nongkrong nongkrong gini, karena sebentar lagi akan masuk musim dingin, saya harus segera menyiapkan kebutuhan musim dingin"
mereka akan lebih menghargai waktu, masuk akal.

yang kedua, adalah negara berpenduduk sedikit, karena dengan jumlah penduduk yang sedikit, pemerintah akan lebih mudah untuk mengatur warganya. yang ketiga, pemimpin yang diktator, ketika seorang pemimpin hadir sebagai diktator, maka selesailah semua carut marut di negaranya.
kalau satu negara memiliki ketiganya, atau 2 poin diantara 3, atau 1 poin saja, maka negara itu pasti bisa maju.

lalu kami tertawa, karena indonesia ternyata tidak punya ketiganya. miris, karena indonesia cuma negara konsep. konsepnya bagus, tapi pada prakteknya kebanyakan main-main.
lalu saya punya ide, gimana kalau diciptakan sebuah mesin pembuat musim buatan.
ini solusi yang paling mungkin dilakukan, mengingat soekarno tidak mungkin dihidupkan lagi, dan penduduk yang sangat banyak ini tidak mungkin untuk dihabisi satu-satu untuk mencapai jumlah ideal.

yah. ngga ngerti juga,ini solusi atau bukan, mungkin karena sekarang lagi hujan, lalu otak dan pikiran ini cenderung suka mengkhayal :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar